IBX592EBC03DC493

Menghentikan Kecanduan Soft Drink Versi SehatQ.com

Soft drink merupakan salah satu jenis minuman ringan yang banyak disukai, terutama anak-anak dan juga orang dewasa. Rasa soft drink yang menyegarkan memang menjadi alasan kenapa jenis minuman ini digemari. Hanya saja, SehatQ.com melansir bahwa ada beragam dampak buruk yang akan terjadi jika seseorang kecanduan soft drink.


Perlu diketahui, soft drink mengandung gula yang cukup banyak. Kandungan gula ini nantinya bisa menjadi biang dari masalah tubuh, seperti diabetes. Selain itu, kebiasaan minum soft drink ini nantinya akan menghambat metabolisme tubuh karena konsumsi air putih yang umumnya akan turun.

Menghentikan Kecanduan Soft Drink Versi SehatQ.com

Lantas, bagaimana cara agar tidak kecanduan soft drink? Simak beberapa ulasan di bawah ini.


Tips Agar Tidak Kecanduan Soft Drink

Untuk mengantisipasi kecanduan minum soft drink atau menghentikan jika kecanduan sudah terjadi, ada beberapa tips yang cukup mendasar di mana bisa Anda lakukan dengan cukup mudah.


Beberapa tips yang dimaksud tersebut diantaranya adalah sebagai berikut :


1)      Perkaya informasi tentang dampak soft drink

Salah satu tips yang cukup penting untuk membantu Anda bebas dari kecanduan soft drink adalah memperkaya informasi tentang dampak buruk dari soft drink. Ini adalah hal yang cukup mendasar dan penting untuk dilakukan. Pengetahuan tentang dampak buruk ini tentu akan membantu meningkatkan kesadaran bahwa terlalu banyak minum soft drink adalah hal yang buruk.


Anda bisa mencari informasi tersebut dengan mudah. Gunakan saja internet sebagai media untuk mencari informasi tentang dampak soft drink sehingga nantinya kesadaran Anda akan cenderung meningkat.


2)      Membiasakan konsumsi air putih

Mengonsumsi air putih adalah hal yang cukup penting untuk dijadikan kebiasaan. Dengan kebiasaan meminum air putih dalam jumlah yang banyak, tubuh akan cenderung bebas dari dehidrasi dan juga metabolisme tubuh akan lebih baik. Tidak hanya itu, Anda juga akan cenderung bebas dari keinginan untuk meminum soft drink dalam jumlah banyak.


Sebagaimana diketahui, alasan seseorang mengonsumsi soft drink adalah rasa segar dari soft drink untuk menghilangkan rasa haus yang menjalar. Namun, bayangkan jika rasa haus tersebut mampu diatasi dengan minum air putih. Selain lebih mudah didapatkan, tentu Anda juga semakin sehat.


3)      Memantau jumlah kalori

Hal lain yang bisa dilakukan untuk menghilangkan kebiasaan mengonsumsi soft drink berlebih adalah memantau jumlah kalori. Secara umum, tubuh memang memerlukan kalori dalam jumlah tertentu untuk menunjang metabolisme dan membantu tubuh menghasilkan tenaga. Namun, kalori yang berlebihan tentu saja kurang baik.


Nah, soft drink dengan kandungan gula yang tinggi akan menyumbang kalori dalam jumlah yang tinggi pula. Oleh karenanya, sebelum mengonsumsi soft drink, cobalah pantau jumlah kalori yang sudah Anda dapatkan dari pola konsumsi harian. Anda bisa menggunakan aplikasi smartphone untuk membantu menghitung kalori berdasar apa yang Anda konsumsi.


4)      Memperbarui pola konsumsi

Kecanduan soft drink juga bisa disebabkan oleh pola konsumsi harian yang buruk. Oleh karenanya, untuk menghindari kecanduan soft drink, maka pola konsumsi Anda harus diperbarui. Mulailah untuk mengonsumsi makanan yang sehat seperti sayuran, buah-buahan dan lainnya. Dengan demikian, nantinya Anda akan cenderung lebih selektif dalam memilih apa yang akan Anda konsumsi.


Nah, beberapa hal di atas adalah bagaimana Anda bisa bebas dari kecanduan soft drink yang memberikan dampak buruk. Tips di atas sebaiknya segera Anda lakukan ketika tanda-tanda kecanduan mulai muncul sebelum kebiasaan minum soft drink yang Anda lakukan berbuah penyakit yang merugikan.


Deskripsi: SehatQ.com memberikan beberapa tips seputar bagaimana cara untuk berhenti dari kecanduan soft drink yang memberikan dampak buruk bagi kesehatan Anda.

Menghentikan Kecanduan Soft Drink Versi SehatQ.com | mariana | 5